Makalah Komputer
BAB I
PENDAHULUAN
I.
Latar Belakang
Pengertian Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang
cepat dan tepat serta dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis
menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output
berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam
memori. Komputer sering kali di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari
baik di gunakan untuk meringankan pekerjaan, sebagai hiburan maupun untuk
bekerja. Komputer telah merambah ke berbagai sektor dalam kehidupan kita,
tidak saja digunakan oleh orang kantoran, akademisi, mahasiswa, anak-anakpun
sudah terbiasa dengan alat elektronik ini. Karena perkembangan teknologi yang
semakin maju maka dapat mengoprasikan sebuah komputer merupakan salah satu
tuntutan yang wajib untuk kita agar nantinya kita tidak gaptek dalam ilmu
pengetahuan dan teknologi.
Berbicara mengenai computer, tidak lepas dari sejarah perkembangan computer
dari generasi ke generasi itu sendiri. Banyaknya para pakar yang berusaha untuk
menghadirkan computer terbaik yang dapat digunakan manusia selama
bartahun-tahun sehingga terciptalah computer yang praktis dan minimalis
sehingga dapat memudahkan kerja manusia.
II. Rumusan
Masalah
1.
Bagaimanakah sejarah
komputer?
2.
Apa fungsi dan kegunaan
komputer?
3.
Apa saja komponen Hardware, Software
dan Brainware?
III. Tujuan
1.
Untuk mengetahui sejarah
perkembangan komputer
2.
Untuk mengetahui fungsi dan
kegunaan komputer
3.
Untuk mengetahui komponen
yang ada pada Hardware, Software dan Brainware?
BAB II
PEMBAHASAN
I.
Sejarah Komputer
Sejarah Komputer mekanik diawali oleh penemuan Blaise Pascal
(1623-1662.), Pada tahun 1642, yang pada waktu itu Blaise Pascal baru
saja memasuki remaja diusia 18 tahun, yang ia sebut sebagai kalkulator roda
numerik (numerical wheelcalculator) untuk membantu ayahnya dalam melakukan
penghitungan pajak. Kotak kuningan ini yang disebut Pascaline, mempergunakan
roda putar bergerigi sebanyak delapan buah, digunakan untuk
menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung
bilangan berbasis sepuluh. Kelemahannya jika perhitungan sudah melebihi 10
digit angka. Dalam Tokoh-Tokoh Sejarah Perkembangan Komputer menyebut Blaise
Pascal adalah orang yang berjasa karena menemukan ide pertama untuk komputer
digital. Pada Tahun 1694, seorang saintis matematika dan filosof Jerman, Gottfred
Wilhem von Leibniz (1646-1716) menyempurnakan Pascaline dengan membuat
mesin yang mampu melakukan operasi perkalian. Sama seperti pendahulunya, alat
ini tetap bekerja menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari maha
karya Pascal, Leibniz mampu menyempurnakan alatnya. Dalam Catatan Sejarah
Komputer juga menyebut nama Charles Xavier Thomas de Colmar di tahun 1820,
menciptakan mesin yang memiliki kemampuan melakukan pengoperasian empat fungsi
aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan
pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat
melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Bersama-sama
dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu mengukir dengan tinta emas pada
Sejarah perkembangan komputer dengan membangun era komputasi mekanikal.
Di tahun 1812, Charles Babbage (1791-1871) seorang profesor matematika
berkewarga negaraan Inggris, telah mengakeslarasi kemajuan Komputer dari
abad ke 16 seakan-akan jalan di tempat. Ia memajukan piranti ini di bidang
hardware dengan menemukan sebuah difference engine yang memungkinkan
perhitungan tabel matematika. Menurut catatan Sejarah Komputer, Babbage
menemukan ide mengenai analytical engine pada tahun 1834, ketika
bermaksud mengembangkan difference engine-nya, Orang-orang yang pesimis
menyebut penemuannya dengan nama Babbage’s Folly (kebodohan Babbage). Babbage
bekerja dengan mesin penganalisanya hingga meninggal. Charles Babbage,
memperhatikan keserasian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin
mekanik sangat cocok dalam melakukkan tugas yang sama dan berulangkali tanpa
kesalahan; sedang matematika memerlukan repetisi sederhana dari suatu
langkah-langkah tertentu, mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial dengan
memakai daya tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat
melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Penemuan Babbage
dan Pemikiran-pemikirannya yang terperinci (hasil penelitiannya) menggambarkan
karakteristik Komputer elektronik modern. Penemuan Babbage ini merupan
tonggak sejarah komputer modern.
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama satu dekade, kemudian
Babbage terinspirasi untuk membuat komputer general-purpose yang pertama,
yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, dalam pembuatan mesin ini
Augusta Ada King (1815-1842) mepunyai peran penting karena telan membantu
merevisi rencana dan mencari pendanaan dari pemerintah Kerajaan Inggris,
dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. Selain itu,
pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi
untuk di input ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer perempuan
pertama. pada tahun 1980, DoD atau Departemen Pertahanan, Pentagon USA
menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan pada
Babbage.
Mesin uap Babbage tidak pernah rampung dikerjakan, kelihatan sangat
sederhana jika dibandingkan dengan standarisasi mesin sekarang ini.
Meskipun demikian, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah
komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari
sekitar 50.000 komponen, Basic desain dari Analytical Engine mempergunakan
Punched Card (berlubang-lubang) yang memuat instruksi operasi bagi mesin
itu.
Penggunaan alat prosessing Data Otomatis oleh The U.S. Bureau of Cencus
tidak merampungkan sensus dari tahun 1880 sampai di tahun 1888.
Pemimpin Bureau lalu menghentikan hal itu sebelum mencapai 10 tahunan. Komisi
The U.S. Bureau, Herman Hollerith seorang pakar statistik memanfaatkan
kepiawaiannya dalam menggunakan punched-card untuk sensus di tahun 1890. Dengan
pemrosesan punched-card dan mesin Hollerith (Hollerith’s punched-card machine),
sensus dapat dirampungkan dalam waktu 2,5 tahun. pada saat itulah
dimulainya pemrosesan data secara otomatis yang di torehkan dalam sejarah
perkembangan computer.
Dari awal Sejarah Komputer seperti disebut di awal artikel diatas, dengan
ditemukannyanya abakus sebagai alat hitung biasa, sampai memasuki Komputer
generasi pertama sebagai tonggak sejarah komputer modern dari 6 dekade yang
lalu. Perkembangan komputer hingga saat ini sudah memasuki komputer
generasi kelima.
1.
Komputer Generasi Pertama
Tahun 1941, seorang insinyur asal Jerman yang bernama Konrad Zuse membangun
sebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan juga peluru kendali.
Komputer pada Generasi pertama ini dapat dikarakteristikan dengan fakta bahwa
instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer
memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut dengan “Bahasa Mesin”
dalam bahasa inggrisnya adalah “Machine Language”. Hal ini menjadikan komputer
sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi
pertama adalah pemakaian tube vakum (yang menjadikan komputer pada masa itu
tampak berukuran sangat besar) dan silinder magnetik yang berfungi untuk
sebagai penyimpan data.
Ciri-ciri komputer generasi pertama :
a.
Silinder magnetik untuk menyimpan data
b.
Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara
(Vacum tube) untuk sirkuitnya.
c.
Kapasitas penyimpanan kecil.
d.
Program cuma bisa dibuat dengan bahasa mesin :
Assembler.
e.
Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang
luas.
f.
Cepat panas.
g.
Proses kurang cepat.
h.
Memerlukan dya listrik yang besar.
i.
Orientasi pada aplikasi bisnis.
2.
Komputer Generasi Kedua
Ditemukannya
Transistor transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer.
Tube vakum terganti oleh transistor pada radio, televisi dan
komputer. hal ini menyebabkan ukuran mesin-mesin elektrik diperkecil, karena
penggunaan tabung telah digantikan oleh transistor dan diode Vakum meskipun
sifatnya sangat mudah terbakar. Cara baru untuk menyimpan memori
yaitu inti Magnetik diperkenalkan. Alat ini menggunakan kawat
halus yang dililit. Kemampuan pengelolaan lebih besar. Dan mulai
menggunakan bahasa pemrograman level tinggi yaitu dengan FOTRAN (1954)
dan COBOL (1959) untuk menggantikan bahasa mesin. Minikomputer dihasilkan yang
hemat energi dan harganya pun lebih murah dan lebih kecil dibandingkan
dengan komputer terdahulu. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru
ini adalah super komputer yang bernama LARC dibuat Sprery-Rand dan kompputer
yang bernama Stretch diciptakan oleh IBM. Komputer- komputer ini, yang
dikembangkan untuk lab. energi atom, adan dapat menangani sebagian besar data,
sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.
Ciri-ciri komputer Generasi kedua :
a.
Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan
pengembangan magnetic core storage
b.
Berorientasi pada bisnis dan teknik.
c.
Tidak terlalu banyak mengeluarkan panas.
d.
Program dapat di buat dengan bahasa tingkat tinggi
(high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
e.
Proses operasi sudah cepat, yaitu bisa melakukan
jutaan operasi per detik.
f.
Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
g.
Mulai digunakan disk storage (penyimpanan data)
3.Komputer
Generasi Ketiga
Perkembangan
komputer pada generasi ketiga terjadi sekitar tahun 1964-1970 dengan
ditemukanya teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan
pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk
hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode
diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor,
diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi
mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT.
Ciri-ciri Komputer Generasi ketiga :
a.
Ditemukannya IC sehingga mengubah arsitektur komputer
secara keseluruhan
b.
Sudah menggunakan terminal visual display dan dapat
mengeluarkan suara.
c.
Kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat.
Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
d.
Peningkatan dari sisi software.
e.
Kapasitas memori sudah lebih besar dari pada versi sebelumnya,
dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
f.
Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik
(external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access)
dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
g.
Pemakaian listrik lebih hemat dan lebih efisien.
h.
Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
4.
Komputer Generasi Keempat
Komputer generasi ini merupakan kelanjutan dari generasi III dan
perbedaanya adalah IC pada generasi empat lebih kompleks dan terintegrasi.
Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang di anggap sebagai komputer generasi
IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan
nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu
IC yang di jadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip
digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian
terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration
(VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya
dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor
yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi
sebelumnya menggunakan magnetic core storage.
Ciri-ciri komputer Generasi keempat :
a.
Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan
microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori computer.
b.
Penggunaan Large Scale Integration (LSI) atau Bipolar
Large Scale Integration, yaitu pemadatan ribuan IC menjadi sebuah chip.
5.
Komputer Generasi Kelima
Pada masa ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang
merupakan pemadatan ribuan microprocessor yang ditanam pada sebuah
microprocesor, serta munculnya microprocessor dan semi conductor.
Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor adalah: Intel Corporation,
Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Komputer Pentium-4 merupakan produksi terbaru
dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada
pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki
Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi
lebih halus dan lebih tajam dan keunggulan lainya adalah kecepatan memproses,
mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
Ciri-ciri komputer Generasi kelima, yakni:
a.
Mempunyai desain yang lebih kecil
b.
Pengembangan VLSI ( Very Large Scale
Integration)
c.
Pengembangan Josephson Junction
d.
Dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap
dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat.
II.
Komponen Hardware, Software dan Brainware
Hardware
Hardware/Perangkat Keras : adalah
sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi
tertentu, secara fisik ada wujudnya dan ada bentuknya.
Perangkat Hardware terdiri atas 3
jenis, yaitu:
a.
Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data,
baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input
misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
b.
Perangkat keluaran (Output device)
Perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang
dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
c.
Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah
data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit)
dan juga mikroprosesor.
Macam-macam perangkat keras
(hardware), antara lain :
·
Central Processing Unit (CPU); merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses
data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan
dan penyimpanan data.
·
Monitor; merupakan
alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses
dalam CPU.
·
Keyboard; merupakan
alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas
rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
·
Mouse; merupakan
alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.
·
Printer; merupakan
alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks
maupun gambar/grafik.
Software
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi
beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware,
free software, shareware, adware) .
a.
Software berbayar
Software berbayar merupakan
perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna
yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli
atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan
software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa
ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem
microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
b.
Freeware
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah
perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan
waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya
setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan).
Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware
“untuk disumbangkan kepada komunitas”,
namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan
memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga
didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya
tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla
News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
c.
Free Software
Free Software lebih mengarah kepada bebas
penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena
bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah
letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin,
dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak
mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu
keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan
perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi
ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi
perangkat lunak mana mereka berasal.
Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul
dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan
gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software
tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis.
d.
Shareware
Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware
adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi
evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas
waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna
kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi
lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah
perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan
pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu.
Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli
produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.
Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk
dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh
yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan
perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner
atau pop-up.
Brainware
Brainware adalah setiap
orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan
data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang
mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun
software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software
yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal.Berdasarkan tingkat
pemanfaatannya, brainware komputer menjadi :
1.
System Analyst
System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab
atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan
perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi
bisnis atau perusahaan. System Analyst juga memegang peranan yang sangat
penting dalam proses pengembangan sistem.
2.
Programmer
Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
3.
Administrator.
Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.
Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.
4.
Operator.
Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan
sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi
tertentu.
Empat tingkatan
di atas merupakan brainware/pengguna umum dari sebuah sistem komputer.
Sebenarnya dalam bidang IT masih banyak brainware-brainware komputer lainnya
seperti Teknisi, Graphic Designer, Spesialis Jaringan, dll. Namun itu semua
tidak wajib harus diketahui, yang wajib diketahui cukup 4 tingkatan ini.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
1.
Adanya perbedaan perkembangan computer dari generasi
ke generasi akan selalu membaik hingga saat ini. Banyaknya produsen dengan
merek ternama di dunia yang berlomba menghadirkan kecanggihan dari kinerja
computer yang dapat memudahkan kerja manusia.
2.
Komputer juga mempunyai perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak
(software) yang saling berkaitan. Pengertian Hardware atau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer
yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Pengertian Software atau Perangkat Lunak adalah data-data yang
terdapat pada sebuah komputer yang diformat kemudian disimpan secara digital. Brainware
adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau
sistem pengolahan data. Dan dari hardware, software dserta brainware memiliki
komponennya masing-masing sesuai fungsinya.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Shirky, Clay, 1995, Teknologi Komputer,
Gramedia, Jakarta
2.
Jogiyanto, H. M., 2006, Pengenalan Komputer,
Andi, Yogyakarta
3.
Kadir, Abdul dan C.H. Triwahyuni, 2005, Pengantar
Teknologi Informasi, Andi, Yogyakarta
Komentar
Posting Komentar